Pemain Asing Paling Fenomenal Era Indonesia Super League

KALIAN HARUS TAHU!! MAKNA TENTANG AWAYDAY

MENGENAL LEBIH LUAS MAKNA AWAYDAY BAGI SUPORTER

Didunia Suporter Mendukung Tim Kesayangan DiKandang Lawan Sekarang Ini Menjadi Hal Yang Biasa. Kandang Lawan Adalah Tempat Untuk Mengukur Diri
Terlalu lama mengurung diri dan tidak menyapa dunia luar, terkadang membuat jemawa atau malah minder. Banyak hal yang tidak kita ketahui sehingga sulit untuk mengukur diri.


Away Day, istilah era 80an awal ketika sekelompok Supporter Inggris melakukan tour luar kandang guna mendukung timnya. Istilah ini di tujukan bagi
sekelompok supporter Hooligans Inggris yang gemar bertualang mendukung timnya walaupun dengan segudang masalah yang bakal menghadangnya

Namun inilah yang mereka pertaruhkan para supporter Hooligans, NYALI dan LOYALITAS mereka seolah menjadi pertaruhannya.
Hal Yang Sama Pun Terjadi Di DUNIA SUPORTER. Mendukung Tim Kesayangan Ke Luar Kota Atau Sering Disebut Dengan Istilah AWAYDAY Adalah Sebuah Bentuk Ujian Loyalitas Dan Militansi Seorang Suporter Untuk Tim Kesayanganya.
Pemerkasa Awayday Pertama Kali Adalah Pendukung Persebaya yaitu Bonek.
Bonek Atau Bondo Nekad Adalah Suporter Yang Terkenal Dengan Loyalitasnya Saat Mendukung Bajol Ijo Di Luar Kota.
Bonek Biasanya Menggunakan Armada Truk Atau Kereta Api Untuk Menuju Ke Kota Dimana Persebaya Berlaga.
Tak ketinggalan tentu saja berbagai atribut yang mencirikan rombongan suporter dari Surabaya ini: dari mulai topi, kaos, hingga bendera yang tentu saja disertai oleh ikon wong mangap yang hingga kini masih menjadi simbol para bonek, sebutan untuk para suporter Persebaya.

Istilah away days tak pernah memadai untuk menggambarkan fenomena khas sepakbola Indonesia masa itu. Pertama, karena itu tak dilakukan hanya sehari dua hari. Kedua, karena saat itu urusannya memang tak hanya sepakbola.
Jika Mendukung Tim Kebanggaan Berlaga Saat Turnamen Jika Pun Tim Kebanggaan Lolos Ke Babak Selanjutnya. Seorang Suporter Harus Menginap Bukan Hanya Satu Atau Dua Hari Bahkan Mereka Rela Harus Menunggu Ber Minggu minggu Untuk Bisa Menyaksikkan Tim Kebanggaan Berlaga Di Partai Selanjutnya.
Menurut Saya Itu Adalah Bukti Kecintaan Seorang Pendukung Untuk Bisa Mendukung Dan Memompa Semangat Tim Kesayanganya.


Awayday Bukan Hanya Soal Keluar Kota Untuk Mendukung Tim Kesayangan Tapi Awayday Juga Bisa Mempererat Hubungan Silaturahmi Antar Suporter
Menjemput suporter tamu di perbatasan daerah seringkali dilakukan hingga di depan pintu gerbang stadion. Hal yang sama saat pulang pasca-pertandingan.
Di dalam stadion kedua suporter saling lempar nyanyian. Beberapa juga melakukan ritual tukar atribut dan keliling bersama stadion saat jeda pertandingan

 AWAYDAY MEMPERERAT HUBUNGAN ANTAR SUPORTER
Jakmania Dan Aremania Adalah Kedua Suporter Dengan Basis Terbesar. Jakmania Pendukung Persija Jakarta Dan Aremania Pendukung Arema FC Terkenal Mempunyai Hubungan Yang Baik.
Persaudaraan Jakmania Dan Aremania Dimulai Sekitar Tahun 90an. Pada Saat Itu Jakmania Yang Datang Ke Malang Untuk Mendukung Macan Kemayoran Berlaga Disambut Baik Oleh Aremania.
Bahkan Banyak Dari Jakmania Yang Diberi Tempat Menginap Oleh Aremania. Saat Pertandingan Berlangsung Jakmania Dan Aremania Terlihat Akrab Dan Saling Berbalas Lagu.
Baik Didalam Maupun Diluar Stadion Mereka Selalu Menunjukkan Hubungan Persaudaraan Yang Sangat Erat. Tukar Atribut Tentu Sudah menjadi Hal Yang Wajar Hingga Saat Ini Saat Kedua Suporter Bertemu Tukar Atribut Sebagai Tanda Kenang kenangan Tentang Hubungan Persaudaraan.
Beberapa Tahun Kemudian Tahun 2005 Aremania Yang Kala itu Ingin Menyaksikkan Singo Edan Berlaga Melawan Tuan Rumah Persija Jakarta Di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Ribuan Aremania yang Kala Itu Menggunakan Moda Transportasi Kereta Sudah Ditunggu Oleh Jakmania Didepan Stasiun Pasar Senen. Jakmania Menyambut Hangat Aremania dengan Jabatan Tangan Dan Nyanyian


Menuju Stadion Gelora Bung Karno Aremania Dan Jakmania Menggunakan Kopaja dan Metromini Seperti Yang Selalu Dilakukan Jakmania Saat Menuju Ke Stadion.
Disepanjang Jalan Pasar Senen Hingga Senayan Jakmania Dan Aremania Bernyanyi Bersama Dan Saling Berbalas Lagu

REKOR AWAYDAY TERBANYAK
Sejarah Mencatat Aremania Adalah Suporter Dengan Awayday Terbanyak. Kala Itu Saat Pertandingan ISL Tahun 2010 Yang Mempertemukan Persija Jakarta Melawan Arema Indonesia Di Stadion Gelora Bungkarno Senayan Jakarta.
Saat Itu Arema Indonesia Telah Mengunci Gelar Juara Indonesia Super League Setelah Mengatasi PSPS Pekanbaru.



Dilaga Terakhir Arema Kala Itu Yang Menjamu Persija Jakarta Di Stadion Utama Gelora Bung Karno Hampir 50 Ribu Lebih Aremania Memadatai Senayan.
Aremania Yang Datang Dari Malang Menggunakan Moda Transportasi Kereta, Bus , Dan Kendaraan Pribadi. Belum Lagi Aremania Yang Ada Di Jabodetabek Dan Sekitarnya.
40 Lebih Berhasil Memasuki Stadion Dan Sisanya Menggelar Nobar Di Luar Stadion Menginggat Kapasitas Gelora Bung Karno 90 Ribu. Jumlah Itu Belum Dengan Suporter Tuan Rumah Yakni Jakmania.
Pertandingan Berakhir Dan Dimenangkan Oleh Arema Dengan Skor Telak 1-5. Setelah Pertandingan Berakhir Puluhan Ribu Aremania dan Jakmania Berbaur Menjadi Satu Menyerbu Masuk Ke Lapangan Dan Merayakan Gelar Juara Arema kala itu.

AWAYDAYS MASA KINI

Mendukung Kebanggaan Di Kandang Lawan Saat Ini Menjadi Hal Yang Wajar Karena Prinsip Seorang Suporter Tidak Akan Membiarkan Kebanggaan Berjuang Sendirian.
Kehadiran Pendukung Di Partai Tandang Juga Bisa Memotivasi Dan Memompa Semangat Pemain yang Ada Di lapangan.
Untuk Suporter Tamu Biasanya Ditempatkan Di Tribun Tertentu Dan Jumlah Yang Tertentu.
Di Liga Indonesia Sendiri Jatah Tiket Maksimal Untuk Suporter Tamu Adalah 4000-5000 Tiket Dan Sisanya Untuk Suporter Tuan Rumah.
Di Indonesia Sendiri Hampir Setiap Kesebelasan yang Bertanding Di Kandang Lawan Selalu Mendapat Dukungan Dari Suporternya Baik Dengan Jumlah Sedikit Maupun Banyak.
Jakmania, Aremania, Bonek Dan Bobotoh Yang Biasanya Away Dengan Jumlah Yang Banyak.

GESEKAN SAAT MELAKUKAN AWAY

Rivalitas yang ada juga terkadang membuat perjalanan para suporter menjadi terganggu. Suporter harus waspada saat berada di jalur tertentu ketika berada dalam bis atau kereta api. Dua roda transportasi primadona hampir seluruh suporter Indonesia. Beberapa juga nekat naik ke atap gerbong saat kereta sudah penuh sesak.

Bahkan ada sebutan “jalur Gaza” di kalangan suporter, untuk menamai tempat daerah rival mereka. Karena setiap melewati jalur tersebut tak jarang terjadi kerusuhan. Mulai dari lemparan – lemparan hingga bentrok fisik


Mendukung Kebanggaan Dimana Saja Berlaga Sudah Menjadi Kewajiban Seorang Suporter Sebagai Pemain Keduabelas Yang Setia Mendukung Tim Kebanggaan Bertanding.
Loyalitas Dan Militansi Seorang Suporter Tidak Dapat Diragukan Lagi. Mereka Meninggalkan Kota Meninggalkan Keluarga Tercinta Dengan Tekad Yang Membara Dan Panggilan Jiwa Datang Ke Kota Orang Datang Ke Kandang Lawan Demi Satu Tujuan Bisa Melihat Tim Kesayangan Meraih Kemenangan.
Bagi Seorang Suporter Ketika Tim Meraih Kemenangan Dilubuk Hati yang Paling Dalam Sudah Merasa Bangga Akan Jerih payah Para Punggawa Yang Bertanding Dan Perjuanganya Dalam Mendukung Dan Memompa Semangat Pemain Berbuah Hasil.

MAJULAH SEPAKBOLA NEGERI INI !!

Comments